Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 175 desa di Kabupaten Sidoarjo pada 19 April 2020, Kapolresta Sidoarjo mengajak masyarakat untuk menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayahnya.

Seperti disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, dalam acara cangkrukan kamtibmas di Kecamatan Gedangan, Jumat (31/1/2020), yang juga dihadiri Forkopimka Gedangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo, para calon kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga Gedangan.

“Para calon kepala desa merupakan kandidat terbaik di tiap desa. Maka harus berkomitmen mewujudkan suksesnya pelaksanaan Pilkades secara damai, aman dan kondusif,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Lebih lanjut, lulusan Akpol 1997 ini juga berpesan kepada tim sukses maupun pendukung masing-masing calon, harus siap menang dan siap kalah. Apapun hasilnya nanti harus diterima dengan baik. Jangan sampai ada ketersinggungan dari tim sukses serta pendukung masing-masing calon. Karena polisi siap menindak jika ada perselisihan yang membuat rusuh kontestasi politik ini.

Potensi kerawanan lainnya, yang harus diwaspadai adalah perang media sosial, jangan sampai ada saling menyebar hoax serta ujaran kebencian di dalam pelaksanaan Pilkades maupun Pilkada di Kabupaten Sidoarjo. Bijak penggunaan medsos, juga ikut mensukseskan pelaksanaan dua agenda besar tersebut.

Selain itu, Kapolresta Sidoarjo juga menghimbau para calon agar jangan ada permainan uang juga botoh dalam Pilkades dan Pilkada. Karena Polres Sidoarjo telah membentuk Satgas Anti Botoh untuk memberantas permainan uang di Pilkades dan Pilkada nanti. Bahkan masyarakat yang mengetahui kecurangan terjadinya botoh, dapat melaporkan ke call center Satgas Anti Botoh Polresta Sidoarjo di : 081216740037.

“Upaya ini merupakan bentuk keseriusan kami dengan mengajak semua elemen masyarakat terlibat, agar situasi kamtibmas di wilayah kita tetap aman dan kondusif,” jelasnya.

Camat Gedangan Agus Sujoko, juga berharap pilkades di wilayah dapat berjalan damai, aman dan kondusif. Sebagaimana diketahui di Kecamatan Gedangan, terdapat sembilan desa yang melaksanakan Pilkades. Dan dua desa diantaranya, yang melaksanakan secara e-voting. Yakni Desa Sawo Tratap dan Sruni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here